Informasi resmi terkait seleksi TFL tahun anggaran 2020 hanya dari web portal PLPBM  |   klik tautan berikut untuk memeriksa kelengkapan dokumen/data perihal seleksi TFL 2020  |   Silahkan download materi bimbingan teknis Sanitasi Perdesaan Padat Karya TA 2019 disini | Pengiriman Berita/Artikel/Kisah Sukses ke email publikasi.plpbm@gmail.com

Kunjungan Delegasi Pemerintah India di Kabupaten Tangerang

Keberhasilan Pemerintah Kabupaten Tangerang menangani kawasan kumuh dan miskin menarik perhatian banyak negara, salah satunya adalah India. Delegasi dari negara berpenduduk 1,2 miliar jiwa itu, berkunjung ke Kabupaten Tangerang dan diterima Bupati di Pendopo Bupati Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kamis (31/10).

Tujuan kunjungan antara lain ingin meniru program sanitasi yang berbasis masyarakat (Sanimas) dan Gerakan Bersama Rakyat Berantas Pemukiman Kumuh dan Miskin yang dikenal dengan istilah Gebrak PaKumis, yang saat ini sedang dilaksanakan oleh  Pemerintah kabupaten Tangerang.

Dalam penyampaiannya Bupati menyatakan bahwa Pemkab Tangerang terbuka bagi siapa pun yang ingin belajar mengenai program sanitasi dan pemberantasan kawasan kumuh. Menurutnya, kunjungan dari India dapat bertukar informasi mengenai program yang sudah dilakukan pemerintah.

Kunjungan delegasi India ke Kabupaten Tangerang merupakan suatu kehormatan karena didatangi dari delegasi Pemerintah India untuk mencontoh sanitasi yang sudah dan sedang terus dikerjakan. Ini merupakan salah satu kegiatan untuk meningkatkan kesadaran dan komitmen dalam mengatasi permasalahan air, sanitasi dan perilaku hidup bersih warga.

Di depan para delegasi, Bupati memaparkan bahwa Pemkab Tangerang memiliki berbagai program penanganan sanitasi seperti Sanitasi Berbasis Sekolah (Sanisek), Sanitasi Berbasis Pondok Pesantren (Sanitren), Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) dan program unggulannya Gebrak PaKumis Plus. Disamping itu Bupati juga menyampaikan bahwa saat ini sedang dibangun sanitasi melalui program sanitren dengan target 829 pondok pesantren. Pada Tahun 2018, Pemkab Tangerang sudah membangun Sanitren di 46 Ponpes, lalu pada Tahun 2019 akan dibangun sanitasi di 150 Ponpes. Diharapkan pada Tahun 2022 semua pondok pesantren di Kabupaten Tangerang sudah dibangun sanitasinya dengan baik dan sehat. 

Sementara itu perwakilan delegasi India, Binay Kumar Jha mengapresiasi program dan kebijakan Pemkab Tangerang dalam penanganan kawasan kumuh. Ia berharap dapat mendalami faktor keberhasilan program penanganan sanitasi sehingga dapat diterapkan di India.

Pada kesempatan tersebut delegasi dari India yang sebanyak 9 orang melakukan kunjungan lapangan ke Desa Kayu Bongkok, Kecamatan Sepatan. Bupati dan rombongan (Delegasi India) meninjau sistem Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal Program Sanimas-IDB Tahun 2017. Kemudian kunjungan dilanjutkan ke lokasi lainnya yang mendapatkan Program Gebrak PaKumis di Desa Gempol Sari, Kecamatan Sepatan Timur.

0 Komentar

Tulis Komentar

Kirim Komentar