Informasi resmi terkait seleksi TFL tahun anggaran 2020 hanya dari web portal IBM SANITASI  |   klik tautan berikut untuk memeriksa kelengkapan dokumen/data perihal seleksi TFL 2020  |   Silahkan download materi bimbingan teknis Sanitasi Perdesaan Padat Karya TA 2019 disini | Pengiriman Berita/Artikel/Kisah Sukses ke email publikasi.plpbm@gmail.com

Yonggolawi Mengusung Kearifan Lokal dalam Pelaksanaan Sosialisasi

PUNCAK, plpbm.pu.go.id – Kabupaten Puncak merupakan salah satu kabupaten yang menjadi sasaran Program Sanitasi Perdesaan Padat Karya TA. 2020. Kabupaten Puncak terletak di pegunungan tengan Provinsi Papua. Lokasinya terletak di kawasan tertinggi di Indonesia. Kabupaten Puncak berbatasan dengan Kabupaten Mamberamo Raya di wilayah utara. Di wilayah timur, berbatasan langsung dengan Kabupaten Puncak Jaya. Di wilayah selatan, berbatasan dengan Kabupaten Mimika, dan di wilayah barat berbatasan dengan Kabupaten Intan Raya.

Berada di kawasan pegunungan tengah, Kabupaten Puncak hanya bisa dijangkau dengan menggunakan transportasi udara. Sehubungan dengan pandemi COVID-19, Pemerintah Provinsi Papua menutup seluruh bandara, termasuk Bandara Aminggaru di Kota Ilaga, ibukota Kabupaten Puncak. Hal ini tentu menjadi kendala bagi fasilitator Sandes untuk menjangkau lokasi di Kabupaten Puncak.

Beruntung, fasilitator Sandes Kabupaten Puncak tiba di lokasi dengan selamat. Tim langsung menuju Desa Yonggolawi, lokasi sasaran program Sandes Padat Karya TA. 2020. Setelah berkoordinasi dengan Kepala Desa Yonggolawi, tim fasilitator bersyukur karena mendapat dukungan dan sambutan positif. Meski terhalang aturan untuk mengadakan kegiatan dengan mengumpulkan masyarakat, kedua belah pihak telah sepakat dan menemukan titik tengah untuk menyelesaikan permasalahan.

Dalam masa pandemi, masyarakat Desa Yonggolawi dihimbau untuk tetap diam di rumah, dan tidak diperkenankan berkumpul di luar rumah, kecuali untuk kepentingan ibadah. Jumlah masyarakat pun dibatasi, juga terdapat pengaturan jarak dalam kegiatan keagamaan. Oleh karena hal tersebut, pelaksanaan sosialisasi Sandes Padat Karya di Desa Yonggolawi dilaksanakan di rumah ibadah. Kegiatan sosialisasi diselenggarakan seusai masyarakat melaksanakan ibadah. Kegiatan ini pun mendapat bantuan dari Pendeta setempat.

Atas dukungan Kepala Desa dan Pendeta setempat dalam pelaksanaan sosialisasi Sandes Padat Karya, kegiatan berlangsung efektif, sehingga masyarakat dapat menerima edukasi mengenai pentingnya sanitasi. Dukungan positif tokoh masyarakat membawa pengaruh dan dampak yang bermanfaat pula. Harapannya, dengan adanya program Sandes di Desa Yonggolawi, masyarakat dapat mengamalkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan baik. (Adv. Sandes Reg. 5/pub.ibm)

0 Komentar

Tulis Komentar

Kirim Komentar