Informasi resmi terkait seleksi TFL tahun anggaran 2020 hanya dari web portal IBM SANITASI  |   klik tautan berikut untuk memeriksa kelengkapan dokumen/data perihal seleksi TFL 2020  |   Silahkan download materi bimbingan teknis Sanitasi Perdesaan Padat Karya TA 2019 disini | Pengiriman Berita/Artikel/Kisah Sukses ke email publikasi.plpbm@gmail.com

Tak Kalah Penting, Kampanye Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Dilakukan di Simalungun

SIMALUNGUN, plpbm.pu,go.id – Berbeda dengan kabupaten/kota lain dimana setelah pencairan dana tahap I cair, biasanya langsung dilaksanakan pekerjaan konstruksi, di Kabupaten Simalungun, Tim TFL bersama KSM melakukan penyuluhan terlebih dahulu kepada calon pemanfaat program tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Hal ini dimaksudkan sebagai upaya memberdayakan calon pemanfaat agar tahu, mau dan mampu melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di rumah tangga khususnya dan di masyarakat pada umumnya.

Kegiatan penyuluhan PHBS ini dilaksanakan di 2 (dua) desa yaitu di Desa Pematang Purba dan Desa Negeri Dolok. Peserta yang mengikuti adalah semua calon pemanfaat dan masyarakat sekitar. Tim TFL didampingi oleh Puskesmas dan Bidan Desa berperan sebagai penyuluh dalam kegiatan.

Penyuluhan PHBS di Desa Negeri Dolok dilaksanakan pada tanggal 14 Juli 2020 bertempat di Kantor Pangulu (Kantor Kepala Desa) dihadiri oleh 36 orang peserta. Sedangkan pelaksanaan di Desa Pematang Purba dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2020 bertempat di Kantor Pangulu (Kantor Kepala Desa) dihadiri oleh 43 orang peserta. Penerapan protokol pencegahan penyebaran COVID-19 diwajibkan dalam pelaksanaan kegiatan ini. Sebelum masuk ruang pertemuan, peserta wajib mencuci tangan menggunakan sabun yang sudah disediakan, kemudian dilakukan cek suhu tubuh, serta wajib mengenakan masker dan menjaga jarak selama kegiatan berlangsung.

Tim TFL bersama Puskesmas dan Bidan Desa menyampaikan tentang manfaat PHBS dan tata cara PHBS kepada calon pemanfaat dan peserta lain yang hadir. Disampaikan oleh tim penyuluh, manfaat PHBS bagi rumah tangga antara lain:

1. Setiap anggota keluarga menjadi sehat dan tidak mudah sakit.

2. Anak tumbuh sehat dan cerdas.

3. Anggota keluarga giat bekerja.

4. Pengeluaran biaya rumah tangga dapat ditujukan untuk memenuhi gizi keluarga, pendidikan dan modal usaha untuk menambah pendapatan keluarga.

Secara umum kegiatan penyuluhan berlangsung secara aktif dan dinamis. Peserta aktif dan banyak bertanya tentang PHBS dan juga tentang program Sanitasi Perdesaan Padat Karya. Diharapkan dengan penyuluhan PHBS di awal, nantinya akan lebih membangkitkan kesadaran calon pemanfaat untuk selanjutnya merawat dan memelihara prasarana Sandes yang dibangun agar lingkungan menjadi lebih bersih dan sehat,. (Adv. Sandes Reg. 1/pub.ibm)

0 Komentar

Tulis Komentar

Kirim Komentar