Informasi resmi terkait seleksi TFL tahun anggaran 2020 hanya dari web portal IBM SANITASI  |   klik tautan berikut untuk memeriksa kelengkapan dokumen/data perihal seleksi TFL 2020  |   Silahkan download materi bimbingan teknis Sanitasi Perdesaan Padat Karya TA 2019 disini | Pengiriman Berita/Artikel/Kisah Sukses ke email publikasi.plpbm@gmail.com

TPS 3R Sebagai Strategi Penanganan Persampahan di Aceh

ACEH, plpbm.pu.go.id – Provinsi Aceh merupakan penerima Program TPS 3R TA. 2020 untuk 3 kabupaten/kota yang terdiri dari Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Gayo Lues dan Kota Langsa. Pemerintah daerah pun terus mendukung penyediaan sarana dan prasarana untuk meningkatkan layanan pengelolaan sampah di Provinsi Aceh. Upaya pembangunan Tempat Pengolahan Sampah yang menggunakan sistem reduce, reuse, recycle atau dikenal TPS-3R ini merupakan salah satu strategi yang diupayakan.

Aceh merupakan salah satu wilayah yang tergolong rawan sanitasi. Strategi pemerintah kabupaten/kota di Aceh, selain dalam pelaksanaan pembangunan fisik, tetapi juga untuk memberi edukasi di bidang persampahan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kebutuhan masyarakat terhadap sarana sanitasi di bidang persampahan yang dilakukan melalui kegiatan pemicuan, monitoring dan penggunaan media komunikasi perubahan perilaku.

Selain bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran, partisipasi dan keterampilan masyarakat dalam mengelola dan memperlakukan sampah, pelaksanaan program ini berperan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dari pengelolaan sampah.

Program TPS 3R bertujuan untuk mengurangi kuantitas dan memperbaiki karakteristik sampah yang akan diolah secara lebih lanjut di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah dan berperan dalam menjamin semakin sedikitnya kebutuhan lahan untuk penyediaan TPA sampah. Dengan adanya TPS 3R, diharapkan dapat memperbaiki kesehatan lingkungan permukiman di Provinsi Aceh. (Adv. TPS 3R Wilbar/pub.ibm)

0 Komentar

Tulis Komentar

Kirim Komentar