Informasi resmi terkait seleksi TFL tahun anggaran 2021 hanya dari web portal IBM SANITASI  |   Pengiriman Berita/Artikel/Kisah Sukses ke email publikasi.plpbm@gmail.com

TPS 3R Mendukung Kemajuan Desa Wisata Waturejo, Kabupaten Malang

MALANG, plpbm.pu.go.id – Desa Waturejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang terkenal sebagai Destinasi Desa Wisata di Kabupaten Malang yang telah terpilih sebagai finalis Indonesia Suistainble Tourism Award (ISTA) tahun 2019. Masyarakat Desa Waturejo memiliki budaya yang istimewa dan tetap mengedepankan keberlanjutan sebagai desa wisata, seperti budaya cinta lingkungan dan hidup sehat.  Budaya ekomoni perdesaaan serta penataan sarana dan prasarana lingkungan yang asri dan humanis seperti dibangunnya gazebo-gazebo sebagai taman bermain dan membaca.

Dengan kondisi sosial ekonomi yang sudah baik di Desa Waturejo, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya, Direktorat Sanitasi optimis akan menambah nilai ekonomi masyarakat melalui Program TPS 3R di Desa Waturejo Tahun Anggaran 2021. Melalui pelaksanaan program ini, diharapkan dapat mengurangi kuantitas dan/atau memperbaiki karakteristik sampah, yang akan diolah secara lebih lanjut di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA). Pembangunan Tempat Pengolahan Sampah (TPS) 3R ini akan dilaksanakan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang dibentuk oleh masyarakat Desa Waturejo sendiri pada bulan Mei sampai pertengahan bulan September tahun 2021.

Program TPS 3R tahun 2021 ini selaras dengan semangat Desa Waturejo yang merupakan desa di daerah hulu Sungai Brantas di mana saat ini sedang ‘getol’ menata desanya untuk menjadi Desa Wisata Berbasis PKK. Sehingga masalah kebersihan desa terutama pengelolaan sampah menjadi perhatian utama. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Desa Waturejo dalam kegiatan sosialisasi TPS 3R bahwa harapan masyarakat Desa Waturejo bisa menjadi contoh bagi desa yang lain di Kecamatan Ngantang khususnya bahwa desa di hulu sungai dapat mengelola sampah dengan baik sehingga tidak menjadi ‘kambing hitam’ bagi desa-desa di wilayah hilir sungai karena adanya sampah kiriman.  

“Kondisi TPS Waturejo saat ini sangat kecil karena dulu dibangun oleh desa sendiri dan hanya menampung sampah dari warga sekitar TPS, dengan adanya TPS 3R ini, semoga dapat membantu untuk meningkatkan daerah layanan sehingga masyarakat desa yang lain juga terlayani penanganan sampahnya” ujar Sekretaris Desa Waturejo pada kegiatan tersebut.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Kabupaten Malang, Ir. Renung Rubiyatadji, MM menyampaikan,  “Desa Waturejo memang sudah lama mengajukan proposal untuk mendapatkan bantuan TPS 3R bersama dengan tujuh desa lainnya.  Hanya saja melalui proses seleksi, hasil skoring Desa Waturejo lebih tinggi dari desa lainya karena ada beberapa kelebihan seperti adanya embrio pengelolaan sampah dan adanya proses pemilahan di desa tersebut”.

“Apalagi Desa Waturejo ini adalah daerah sumber mata air di kawasan DAS Brantas bagian sub DAS Konto. Sehingga keberadaaan TPS 3R akan sangat membantu kawasan hulu sungai bebas permasalahan sampah rumah tangga” tambahnya. (Adv. Reguler Wil. 2/pub.ibm)

0 Komentar

Tulis Komentar

Kirim Komentar