Informasi resmi terkait seleksi TFL tahun anggaran 2020 hanya dari web portal IBM SANITASI  |   klik tautan berikut untuk memeriksa kelengkapan dokumen/data perihal seleksi TFL 2020  |   Silahkan download materi bimbingan teknis Sanitasi Perdesaan Padat Karya TA 2019 disini | Pengiriman Berita/Artikel/Kisah Sukses ke email publikasi.plpbm@gmail.com

Program Sandes Berdayakan Masyarakat Agar Mandiri

SUMBAWA, plpbm.pu.go.id – Proses pembangunan bilik toilet dan septic tank dan sumur resapan telah dilakukan oleh para KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) di beberapa lokasi. Seperti pengerjaan pembangunan tangki septik di desa Anyar Kabupaten Lombok Utara, Desa Timur (4 Juli 2020) dan Desa Sai Bima (6 Juli 2020), Kabupaten Bima. Sedangkan pengerjaan pembangunan bilik telah dilakukan di Desa Lendang Kabupaten Lombok Timur (30 Juni 2020), Desa Moyohulu, Kabupaten Sumbawa (3 Juli 2020), di Desa Gangga Kabupaten Lombok Utara, dan pemasangan bekisting sloof bilik toilet di Desa Woju Kabupaten Dompu (4 Juli 2020).

Tim advisory Sandes regional 3 telah melakukan kunjungan lapangan dalam rangka monitoring dan evaluasi penentuan lokasi penempatan bangunan bilik dan lokasi septic tank termasuk sumur resapan serta melakukan Coaching Clinic kepada Faskab dan TFL seperti yang dilakukan di Kabupaten Sumbawa pada 3 Juli 2020 dan di Desa Woja, Kabupaten Dompu pada 5 Juli 2020 lalu. 

Pelaksanaan FGD (Forum Group Discussion) juga sudah dilakukan di 6 Kabupaten yaitu di Kabupaten Sampang, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima. dan Kabupaten Pamekasan. Kegiatan ini diadakan untuk lebih melibatkan pemikiran masyarakat dalam program Sandes. Seperti contohnya di Desa Campor, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. Peserta FGD berasal dari aparat desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, KSM dan TFL Desa Campor, Desa Panaan, Desa Kowel, Desa Larangan Dalam, Faskab Pamekasan dan Tim Advisory Regional 3. FGD ini menjadi wadah atau sarana bagi semua lapisan masyarakat untuk saling berbagi pengetahuan dan informasi, memberi masukan terkait program Sanitasi Perdesaan Padat Karya di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. Setelah FGD, dilakukan juga diskusi terkait pengadaan barang dan jasa bersama Faskab dan TFL. (Adv. Sandes Reg. 3/pub.ibm)

0 Komentar

Tulis Komentar

Kirim Komentar