Informasi resmi terkait seleksi TFL tahun anggaran 2020 hanya dari web portal IBM SANITASI  |   klik tautan berikut untuk memeriksa kelengkapan dokumen/data perihal seleksi TFL 2020  |   Silahkan download materi bimbingan teknis Sanitasi Perdesaan Padat Karya TA 2019 disini | Pengiriman Berita/Artikel/Kisah Sukses ke email publikasi.plpbm@gmail.com

Peresmian TPS 3R Datu Awang Desa Samhurang, Kabupaten Hulu Sungai Tengah

HULU SUNGAI TENGAH, plpbm.pu.go.id – Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah, Berry Nahdian Furqan meresmikan Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R) di Desa Samhurang, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, pada Rabu (23/9). TPS 3R menggunakan fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) yang diperuntukkan sebagai pengolahan sampah dengan berbagai keunggulan, salah satunya yakni daur ulang sampah anorganik maupun organik.

Neiklen Rifen Kosongkahe, S.T., M.T., sebagai PPK PPLP Kalimantan Selatan melaporkan pembangunan TPS 3R di Desa Samhurang, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, “TPS 3R di Desa Samhurang ini merupakan lokasi TPS 3R wilayah timur yang pertama kali melakukan kontrak dan pertama juga yang sudah dilakukan serah terima, dengan anggaran Rp 600 juta dari APBN dimana dilaksanakan oleh KSM Datu Awang. Saat ini kami menyerahkan infrastruktur bangunan kantor dan hanggar, lalu ada timbangan sampah, motor pengangkut sampah kapasitas 1 m3, mesin pencacah organik dan anorganik, mesin pengayak dan perlengkapan pertukangan yang akan digunakan saat operasional TPS 3R”, ucap Neiklen.

Berry Nahdian Furqan mendukung operasional TPS 3R di Desa Samhurang, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. “Saya harapkan KPP sebagai pengelola dan menjadi pelopor pengelolaan sampah berbasis masyarakat yang menerapkan prinsip 3R. Kita optimis Kabupaten Hulu Sungai Tengah ke depan akan berkontribusi pada pengurangan sampah di tingkat nasional yaitu pengurangan sampah 30%”, ujarnya. 

Kegiatan peresmian ini terdiri dari acara sambutan dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Perhubungan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, sambutan dari Kepala Balai PPW Provinsi Kalimantan Selatan dan Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah. Pemotongan pita, tanda tangan serah terima dan prasasti TPS 3R Datu Awang Desa Samhurang juga masuk dalam rangkaian kegiatan.

Proses penandatanganan berita acara serah terima TPS 3R Datu Awang Desa Samhurang dilakukan oleh KSM Datu Awang kepada PPK PPLP Provinsi Kalimantan Selatan yang disaksikan oleh Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah. Kemudian penandatanganan berita acara serah terima TPS 3R Datu Awang Desa Samhurang dari PPK PPLP Provinsi Kalimantan Selatan kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang disaksikan oleh Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah.

Peresmian TPS 3R tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Drs. Muhammad Yani, M.Si; Camat Labuan Amas Utara, H. Muhammad Anhar, S.ST, M.E.; Ahmad Zaid, ST.; Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Selain itu, turut hadir juga beberapa undangan yang hadir yaitu Danramil, Babinsa, Polsek Labuan Amas Utara, Puskesmas Labuan Amas Utara, Bidan Desa, BPD Desa Samhurang, kepala sekolah dan Kepala Ponpes Muhajirin. (Adv. TPS 3R Wiltim/pub.ibm)

0 Komentar

Tulis Komentar

Kirim Komentar