Informasi resmi terkait seleksi TFL tahun anggaran 2020 hanya dari web portal IBM SANITASI  |   klik tautan berikut untuk memeriksa kelengkapan dokumen/data perihal seleksi TFL 2020  |   Silahkan download materi bimbingan teknis Sanitasi Perdesaan Padat Karya TA 2019 disini | Pengiriman Berita/Artikel/Kisah Sukses ke email publikasi.plpbm@gmail.com

Pembangunan TPS 3R Meningkatkan Pelayanan Pengelolaan Sampah di Bengkulu Utara

BENGKULU UTARA, plpbm.pu.go.id – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkulu Utara melakukan koordinasi dengan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Bengkulu (BPPW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terkait kegiatan pembangunan Infrastruktur Berbasis Masyarakat Bidang Penyehatan Lingkungan Permukiman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Tahun Anggaran 2020. Dari upaya tersebut Kabupaten Bengkulu Utara mendapat alokasi bantuan pembangunan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS 3R) atau tempat pengelolaan sampah dengan metoda mengurangi-menggunakan kembali-daur ulang.

Dalam kegiatan pembangunan TPS 3R, dari hasil selotif yang dilakukan bersama TFL Teknik (Dina Aggista, ST), TFL Pemberayaan (Intan Dewi Yuliansari, Amd), dan dengan dampingan Fasprov (Maulana Setiawan, ST), serta bimbingan langsung kepala DLH diperoleh lokasi pelaksanaan yakni di Desa Rama Agung, Kecamatan Arga Makmur.

Kepala Bappeda Bengkulu Utara, Ir. Suharto Handayani mengungkapkan, “TPS 3R ini rencananya akan dibangun di wilayah Desa Rama Agung Kecamatan Arga Makmur. Persyaratan sudah sesuai untuk pembangunan TPS 3R, lokasi juga berdekatan dengan TPA (Tempat Pemrosesan Akhir) Rama Agung. Sehingga diharapkan dapat mengurangi volume sampah yang diproses di TPA Rama Agung.”

Pelaksanaan program juga dapat dimanfaatkan untuk menambah penghasilan dari pengelolaan sampah. Program TPS 3R mengugah masyarakat bahwa sampah bukan hanya untuk dibuang, tetapi sampah juga bisa menjadi bahan yang bermanfaat dan mempunyai nilai ekonomi.

Alfian, M.M., selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bengkulu Utara mendukung penuh dari penyiapan lahan untuk pembangunan TPS 3R hingga pelaksanaan optimalisasi keberjalanya TPS 3R. DLH berkomitmen turut membina dan mendampingi operasional TPS 3R serta akan membantu pendanan sampai pengawasan operasional TPS 3R.

Berkat koordinasi yang selalu terjalin, pada tahap pembangunan fisik TPS 3R, KSM dan OPD setempat turut mengundang Bupati Bengkulu Utara untuk melakukan perletakan batu pertama. Kehadiran Bupati Bengkulu Utara, Ir. Mian, ke lokasi pembangunan TPS 3R menambah semangat KSM dalam melaksanakan kegiatan pembangunan.

Bupati berharap kegiatan TPS 3R di Rama Agung ini dengan dampingan DLH bisa dioptimalkan. Ia juga menambahkan, “Semoga TPS 3R ini bisa menjadi contoh TPS 3R khususnya di Provinsi Bengkulu. Sehingga bisa menjadi penyemangat tersendiri untuk masyarakat Desa Rama Agung”. (Adv. TPS 3R Wilbar/pub.ibm)

0 Komentar

Tulis Komentar

Kirim Komentar