Informasi resmi terkait seleksi TFL tahun anggaran 2020 hanya dari web portal IBM SANITASI  |   klik tautan berikut untuk memeriksa kelengkapan dokumen/data perihal seleksi TFL 2020  |   Silahkan download materi bimbingan teknis Sanitasi Perdesaan Padat Karya TA 2019 disini | Pengiriman Berita/Artikel/Kisah Sukses ke email publikasi.plpbm@gmail.com

Peletakan Batu Pertama Sandes Secara Adat di Manggarai Timur

MANGGARAI TIMUR, plpbm.pu.go.id – Program Sandes berbasis padat karya yang diselenggarakan dengan prinsip-prinsip partisipatif dan gotong royong disambut baik oleh masyarakat Kabupaten Manggarai Timur. Sepuluh desa sasaran di Kabupaten Manggarai Timur bersemangat dalam pelaksanaan konstruksi infrastruktur sanitasi. Salah satunya adalah di Desa Benteng Riwu, Kecamatan Borong.

Rabu, 29/7/2020 telah dilaksanakan acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Sarana Sanitasi Perdesaan Padat Karya TA. 2020 secara simbolis di Desa Benteng Riwu sebagai bentuk kesiapan dan apresiasi Pemerintah Daerah Manggarai Timur dalam melaksanakan Program Sandes Tahun 2020. Acara dihadiri oleh Kepala Dinas PUPR yang mewakili Bupati Manggarai Timur; PPK Pengembangan PLP Wilayah II, Tinny Touselak; Team Leader Fasilitator Pendamping, Hidayat; serta didampingi oleh Fasilitator Kabupaten dan Fasilitator Lapangan Sandes Manggarai Timur.

Prosesi diawali dengan tarian "kepok kapu" melambangkan masyarakat turut berbahagia dan menerima dengan baik tamu yang hadir. Selanjutnya "kepok tiba meka" berlangsung di dalam rumah adat (rumah gendang) Desa Benteng Riwu, melambangkan bahwa yang hadir merupakan tamu kehormatan yang diterima secara baik sekali oleh masyarakat. Setelah prosesi adat di rumah gendang, dilanjutkan dengan acara peletakan batu pertama di salah satu rumah penerima manfaat, masih dengan prosesi adat yang berlaku. Prosesi adat menyiratkan harapan agar proses pembangunan berjalan lancar dan prasarana yang terbangun dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat.

Pada agenda ini, Yos Marto, Kepala Dinas PUPR, memainkan biola dan berdendang lagu Manggarai yang berisikan nasihat dan petuah yang penting untuk diingat dan dijalankan. Suasana penuh khidmat, penuh dengan nilai adat istiadat masyarakat sangat terasa hingga akhir acara. (Adv. Sandes Reg. 4/pub.ibm)

0 Komentar

Tulis Komentar

Kirim Komentar