Informasi resmi terkait seleksi TFL tahun anggaran 2021 hanya dari web portal IBM SANITASI  |   Pengiriman Berita/Artikel/Kisah Sukses ke email publikasi.plpbm@gmail.com

Peletakan Batu Pertama Pembangunan TPS 3R di Bulotadaa Barat, Gorontalo

GORONTALO, plpbm.pu.go.id – Camat Sipatana, Sriyanto Ano secara resmi meletakkan batu pertama dalam pembangunan TPS 3R di Kelurahan Bulotadaa Barat, Kecamatan Sipatana, Kota Gorontalo pada Jumat, 28 Mei 2021. Peletakan batu pertama TPS 3R di Kelurahan Bulotadaa Barat juga dihadiri oleh Koordinator Wilayah Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Gorontalo Mohammad Idham, Lurah Bulotadaa Barat Rosman Arsyad, KSM Dembulo, Fasilitator Provinsi Gorontalo, dan TFL.

Camat berharap dengan adanya pembanguan TPS 3R di Kelurahan Bulotadaa Barat, dapat menjawab permasalahan penanganan sampah yang ada di kelurahan Bulotadaa Barat.

“Saya berharap peramasalahan sampah di Kelurahan Bulotadaa Barat dapat teratasi, selain itu dengan adanya TPS 3R dapat menjadi mitra bagi para petani di daerah sekitar untuk penyediaan pupuk organik”, jelas Sriyanto Ano.

Program pembangunan Tempat Pengolahan Sampah 3R (TPS 3R) adalah program yang ditujukan untuk mengurangi masalah persampahan di masyarakat. Penanganan sampah dengan TPS 3R lebih menekankan kepada cara pengurangan, pemanfaatan dan pengolahan sejak dari sumbernya pada skala komunal. Penyelenggaraan TPS 3R juga harus melibatkan peran aktif dari pemerintah dan masyarakat.

Pembangunan TPS 3R di Kelurahan Bulotadaa Barat juga melibatkan partisipasi dari masyarakat setempat. Keterlibatan masyarakat setempat dapat dilihat dari KSM Dembulo yang dibentuk dari masyarakat di kelurahan Bulotadaa Barat.

“TPS 3R yang akan dikelola oleh masyarakat di Kelurahan Bulotadaa Barat, diharapkan dapat menjadi contoh terbaik dalam hal pengelolaan sampah lingkungan untuk kelurahan lain yang ada di Kota Gorontalo. Ke depannya saya berharap TPS 3R tidak hanya melayani di Kelurahan Bulotadaa Barat saja, tetapi dapat melayani di satu kecamatan di Kecamatan Siparana. Sehingga permasalahan sampah yang ada di Kecamatan Sipatana dapat teratasi juga.” lanjutnya.

Koordinator Wilayah BPPW Gorontalo Muhammad Idham juga berharap adanya dukungan dari Pemerintah Daerah setempat dalam kegiatan pembangunan TPS 3R. “Perlu adanya dukungan Pemerintah Daerah untuk operasional, pemeliharaan, dan keberlanjutan dari TPS 3R” ujarnya. (Adv. Reguler Wil. 3/pub.ibm)

0 Komentar

Tulis Komentar

Kirim Komentar