Informasi resmi terkait seleksi TFL tahun anggaran 2020 hanya dari web portal IBM SANITASI  |   klik tautan berikut untuk memeriksa kelengkapan dokumen/data perihal seleksi TFL 2020  |   Silahkan download materi bimbingan teknis Sanitasi Perdesaan Padat Karya TA 2019 disini | Pengiriman Berita/Artikel/Kisah Sukses ke email publikasi.plpbm@gmail.com

Pelaksanaan On the Job Training KSM di Pekalongan

PEKALONGAN, plpbm.pu.go.id – Sanitasi Berbasis Masyarakat merupakan salah satu opsi penyelenggaraan sanitasi perkotaan yang mengedepankan peran masyarakat melalui Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) maupun Kelompok Pengguna dan Pemanfaat (KPP) sebagai pelaku utama dalam penyelenggaraan infrastruktur sanitasi mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan konstruksi hingga operasi pemeliharaan.

Sanitasi di Indonesia tidak hanya sekadar masalah tanggung jawab sepihak pemerintah saja, melainkan juga merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, pemerintah daerah, swasta dan masyarakat terutama yang terkait dengan perubahan perilaku serta kesamaan pemahaman terhadap pentingnya mengelola sampah, air limbah, maupun drainase dengan baik dan aman.

Masyarakat juga harus turut serta berperan aktif dalam penyelenggaraan sanitasi di Indonesia. Hal ini penting karena urusan sanitasi telah menjadi hak azasi manusia yang idealnya harus diupayakan semua pihak sehingga menjadikan sanitasi sebagai kepentingan bersama.

Salah satu contoh program Sanitasi Perdesaan Padat Karya yang telah dilaksanakan yakni di Desa Tlogopakis, Kecamatan Petungkriono, Kabupaten Pekalongan. Pada tanggal 5-7 Mei 2020, dilaksanakan On the Job Training KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) yang bertujuan untuk meningkatkan penguatan kapasitas tukang bangunan dalam proses pembangunan sanitasi perdesaan.

Pada kegiatan On the Job Training KSM tersebut, para tukang bangunan dibekali dengan proses pembangunan sarana dan prasarana Program Sanitasi Perdesaan Padat Karya yang terdiri dari toilet individu (bilik toilet, kloset, tangki septik), kombinasi toilet individu dan tangki septik komunal, kloset dan tangki septik, serta tangki septik.

Dengan adanya kegiatan On the Job Training KSM ini, diharapkan dapat menambah pengetahuan masyarakat khususnya para tukang bangunan dalam menciptakan, memelihara, dan memahami mekanisme penyediaan sarana air limbah domestik dan persampahan melalui penyelenggaraan Sanitasi Perdesaan Padat Karya. Sehingga dapat meningkatkan perluasan akses sanitasi dengan menyediakan prasarana dan sarana sanitasi yang berkualitas, berkelanjutan, meningkatkan kualitas sumber daya air dan lingkungan, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). (Adv. Sandes Reg. 2/pub.ibm)

0 Komentar

Tulis Komentar

Kirim Komentar