Informasi resmi terkait seleksi TFL tahun anggaran 2021 hanya dari web portal IBM SANITASI  |   Pengiriman Berita/Artikel/Kisah Sukses ke email publikasi.plpbm@gmail.com

On the Job Training Operasionalisasi Mesin Pencacah dan Pengolahan Sampah Organik di Pontianak

PONTIANAK, plpbm.pu.go.id – On Job Training (OJT) menjadi salah satu rangkaian kegiatan pendampingan program TPS 3R yang dilaksanakan untuk pengurus KPP Menanjak, Kabupaten Kubu Raya, dan KPP Borneo, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat. Kegiatan OJT ini dilakukan pada hari Kamis, 13 Agustus 2020 di Poltekkes Kemenkes Pontianak di Siantan Hulu, Pontianak Utara, Kota Pontianak.

OJT yang dilaksanakan untuk seluruh pengurus KPP (Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara) bertujuan untuk mengenalkan salah satu tempat pengelolaan sampah organik di Kota Pontianak, memahami teknik operasionalisasi mesin pencacah, dan memahami proses pengolahan sampah organik khususnya teknik pengomposan dengan menggunakan drum composter.

Uraian rangkaian kegiatan OJT ini terdiri dari pendampingan serta diskusi mengenai 4 materi yaitu membahas tentang pengelolaan administrasi dan keuangan setelah fasilitas TPS 3R terbangun, pengembangan bisnis yang bisa dilakukan oleh para pengurus KPP, penjelasan teknis mengenai penggunaan dan perawatan mesin pencacah organik serta penjelasan teori dan praktik pengolahan sampah organik yaitu pengomposan dengan teknik penggunaan drum komposter ukuran kecil.

Kegiatan OJT ini dibuka oleh Nurul Amaliah, SKM., M.Sc. selaku Ketua Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Pontianak dan difasilitasi oleh Suharno, SKM, M.Kes. sebagai pengajar (dosen) di Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Pontianak sekaligus sebagai Ketua KPP TPS 3R dan Fahrul Norabadi, ST. Selaku Konsultan Advisory TPS 3R Wilayah Timur TA. 2020. Selain itu juga dihadiri oleh seluruh pengurus KPP Menanjak, pengurus KPP Borneo, TFL Teknik Kabupaten Kubu Raya dan TFL Pemberdayaan Kota Pontianak serta Fasprov Kalimantan Barat.

“Terima kasih kepada tim advisory pusat dan Pak Suharno yang telah membina dan melatih kami selama praktik pengoperasian mesin pencacah organik dan cara pengomposan menggunakan drum komposter. Semoga ilmu yang kami dapatkan hari ini bisa kami implementasikan di TPS 3R desa kami. Kami harapkan kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut sehingga praktik dan sharing pengalaman tentang manajemen pengelolaan TPS 3R pada akhirnya dapat menjadi motivasi dan contoh untuk kawan-kawan yang lain agar terus menciptakan kade-kader pemberdayaan yang lebih baik.” tutur Suherma selaku Ketua KPP Menanjak memberikan respon positif terhadap kegiatan ini. (Adv. TPS 3R Wiltim/pub.ibm)

0 Komentar

Tulis Komentar

Kirim Komentar