Informasi resmi terkait seleksi TFL tahun anggaran 2020 hanya dari web portal IBM SANITASI  |   klik tautan berikut untuk memeriksa kelengkapan dokumen/data perihal seleksi TFL 2020  |   Silahkan download materi bimbingan teknis Sanitasi Perdesaan Padat Karya TA 2019 disini | Pengiriman Berita/Artikel/Kisah Sukses ke email publikasi.plpbm@gmail.com

Milenial Penggerak Desa Aibura

SIKKA, plpbm.pu.go.id – Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) memegang peranan penting dalam keberhasilan pelaksanaan kegiatan Sanitasi Perdesaan Padat Karya. KSM merupakan pelaku utama dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan sarana sanitasi sedangkan KPP berperan dalam pengelolaan sarana sanitasi yang terbangun melalui Program Sanitasi Perdesaan Padat Karya di tingkat desa. KSM dan KPP merupakan wakil masyarakat, sehingga keberhasilan program ini akan sangat tergantung pada peran aktif masyarakat (partisipasi) dalam setiap tahapan kegiatan, mulai dari proses persiapan, perencanaan, pelaksanaan sampai dengan paska konstruksi di tingkat masyarakat.

Desa Aibura, Kecamatan Waigete merupakan salah satu desa sasaran program Sandes di Kabupaten Sikka Provinsi Nusa Tenggara Timur. Melalui forum rembug warga yang dilaksanakan secara demokratis telah dibentuk KSM pelaksana kegiatan Sandes yang diberi nama KSM I’nga Tengang. Uniknya semua pegurus KSM masih berusia muda (di bawah 30 tahun). Ketua KSM terpilih Wilcilia Febriana Key yang akrab disapa Ina masih berusia 25 tahun. Dengan pengurus yang seluruhnya terdiri dari sekelompok anak muda, KSM I’nga Tenga dapat disebut KSM Milenial.           

I’nga Tengang sendiri dalam bahasa Maumere berarti ‘Terang Benderang’. Sebagaimana disampaikan oleh ketua KSM I’nga Tengang, motivasi menjadi pengurus KSM adalah ingin berpartisipasi dalam membangun desa. Sesuai dengan nama KSM tersebut anak-anak muda yang bergabung dalam kepengurusan KSM ingin memberikan perubahan, memberikan sesuatu yang berbeda di desanya. Bekerja bersama dalam menyukseskan program Sanitasi Perdesaan Padat Karya.

Sejak awal, pemuda-pemudi yang tergabung dalam kepengurusan KSM I’nga Tengang ini sudah mengetahui bahwa mereka bekerja tidak akan mendapatkan honor. Kondisi tersebut tidak menyurutkan semangat kaum milenial ini dalam menyukseskan program Sandes demi meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan warga Desa Aibura.

Mereka menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Kementerian PUPR atas bantuan program padat karya di Desa Aibura. Kaum milenial ini juga berharap agar pelaksanaan program ini dapat membawa manfaat seluas-luasnya. (Adv. Sandes Reg. 4/pub.ibm)

0 Komentar

Tulis Komentar

Kirim Komentar