Informasi resmi terkait seleksi TFL tahun anggaran 2020 hanya dari web portal IBM SANITASI  |   klik tautan berikut untuk memeriksa kelengkapan dokumen/data perihal seleksi TFL 2020  |   Silahkan download materi bimbingan teknis Sanitasi Perdesaan Padat Karya TA 2019 disini | Pengiriman Berita/Artikel/Kisah Sukses ke email publikasi.plpbm@gmail.com

Menuju KPP Mandiri, Satker IBM Mengadakan Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara (KPP) SANIMAS IsDB

JAKARTA – Dalam rangka meningkatkan kapasitas Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara (KPP), Satuan Kerja Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) bersama dengan Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengadakan kegiatan Peningkatan Kapasitas KPP SANIMAS IsDB Gelombang I dan Gelombang II.

Kegiatan Peningkatan Kapasitas KPP Gelombang I berlangsung di Aceh, Padang, Palembang, dan Tangerang pada 29 s/d 31 Januari 2020. Kemudian pada Gelombang II dilaksanakan di Medan, Bandar Lampung, dan Bandung pada 11 s/d 14 Februari 2020.

Kegiatan PK KPP dilaksanakan untuk membangun pemahaman konsep keberlanjutan program SANIMAS IsDB. KPP yang berasal dari tiap wilayah pelayanan diharapkan mampu menjalankan kelembagaan tingkat masyarakat, serta memiliki keterampilan dalam pengoperasian dan pemeliharaan sarana sanitasi meliputi aspek teknis, keuangan, promosi dan keberlanjutan serta inovasi.

Program SANIMAS IsDB telah dilaksanakan sejak tahun 2014 dan berakhir pada 2019. Program tersebut telah menghasilkan terbangunnya fasilitas sanitasi air limbah permukiman yang tersebar di 53 kabupaten/kota di 12 provinsi. Sarana prasarana berupa IPAL komunal akan diserahkan pada masyarakat penerima secara penuh, sehingga perlu dipersiapkan masyarakat yang mandiri untuk mendukung keberlanjutan program yang dilaksanakan.

Pada kegiatan PK KPP, dilaksanakan seminar dan kelas-kelas diskusi yang membahas mengenai peningkatan partisipasi masyarakat, sistem pengelolaan dan pemeliharaan prasarana terbangun, pengembangan KPP ditinjau dari organisasi, kemitraan, dan usaha. Pada acara pembukaan, juga dilaksanakan kegiatan sharing dari KPP terpilih sehingga dapat menginspirasi dan memotivasi anggota KPP lain untuk diterapkan di wilayahnya.

Dengan mengedepankan prinsip keberlanjutan, program SANIMAS IsDB mengedepankan peran aktif masyarakat sebagai aktor utama, bukan hanya sebagai pemanfaat melainkan juga sebagai pemelihara. Dalam hal ini, KPP berperan sebagai motor penggerak masyarakat. Peran serta masyarakat akan meningkatkan rasa kepemilikan dan tanggung jawab. Sehingga masyarakat akan berdaya dalam pengelolaan dan pemeliharaan sarana prasarana sanitasi.

Keluaran yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan PK KPP yakni agar para pengurus KPP SANIMAS IsDB yang hadir dapat menjalankan tugas, peran dan fungsinya dalam mengelola dan memelihara prasarana yang sudah terbangun secara berkelanjutan. KPP juga diharapkan mampu mengembangkan sarana terbangun dengan selalu menjaga kekompakan, gotong royong, bekerjasama serta saling berkomunikasi dan koordinasi. (pub.ibm)

0 Komentar

Tulis Komentar

Kirim Komentar