Informasi resmi terkait seleksi TFL tahun anggaran 2021 hanya dari web portal IBM SANITASI  |   Pengiriman Berita/Artikel/Kisah Sukses ke email publikasi.plpbm@gmail.com

Masyarakat Aktif dalam Focus Group Discussion Sandes di Cilacap

CILACAP, plpbm.pu.go.id – Pelaksanaan kegiatan Sandes didasarkan atas kebutuhan masyarakat sehingga memerlukan keterlibatan masyarakat serta pemerintah daerah secara menyeluruh. Pemantauan dan diskusi aktif dilakukan dalam mempersiapkan strategi pemeliharaan sarana prasarana sanitasi. Seperti kegiatan yang dilakukan di Kabupaten Cilacap, yakni pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD).

FGD dilaksanakan pada hari Kamis, 27 Agustus 2020, dan dihadiri sebanyak 34 peserta. Peserta yang hadir terdiri dari Tenaga Ahli Advisory, Pemerintah Kecamatan, Puskesmas/Sanitarian, Fasilitator Kabupaten, Tenaga Fasilitator Lapangan, Kelompok Swadaya Masyarakat, serta KPP/Penerima Manfaat.

Materi pertama yang disampaikan dalam kegiatan FGD adalah pertama tentang “Progress Pelaksanaan Program Sandes di Kabupaten Cilacap, dan Kegiatan Pasca Konstruksi yaitu Operasional dan Pemeliharaan untuk Menjamin Keberlanjutan”. Kemudian materi kedua yaitu tentang Penerapan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat)” yang dibantu oleh perwakilan dari Puskesmas dan tenaga Sanitarian dari Cilacap Tengah. Setelah kegiatan penyampaian materi, kegiatan FGD dilanjutkan dengan brainstorming dan sesi tanya jawab.

Pelaksanaan kegiatan FGD diikuti secara antusias oleh peserta baik dari KSM maupun KPP. Masyarakat turut aktif dalam sesi tanya jawab dan diskusi. Dalam kesempatan ini, peserta juga diminta sharing mengenai permasalahan di lingkungan masyarakat. Masalah yang sering muncul selain mengenai perilaku atau kebiasaan masyarakat di desa yang pada umumnya adalah BABS, terdapat pula masalah perilaku masyarakat lainnya, seperti membersihkan kamar mandi, masalah air bersih, dan kebiasaan masyarakat untuk mencuci tangan setelah beraktivitas menjadi perhatian dalam kegiatan FGD tersebut. Karena hal-hal itu menyangkut kehidupan sehari-hari masyarakat di desa, sangat penting untuk mengubah pola hidup agar selalu sehat dan tidak mudah jatuh sakit apalagi di masa pandemi seperti saat ini. (Adv. Sandes Reg. 2/pub.ibm)

0 Komentar

Tulis Komentar

Kirim Komentar