Informasi resmi terkait seleksi TFL tahun anggaran 2021 hanya dari web portal IBM SANITASI  |   Pengiriman Berita/Artikel/Kisah Sukses ke email publikasi.plpbm@gmail.com

Lapangan Kerja Baru Bagi Masyarakat Pringsewu

PRINGSEWU, plpbm.pu.go.id – Penerapan pola padat karya dalam program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) memberi dampak positif bagi masyarakat, terlebih dalam mendorong ekonomi. Di Desa Yogyakarta Selatan, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, sejumlah 23 orang pekerja lokal turut berperan dalam pelaksanaan konstruksi sejak 19 Mei 2021. Pekerjaan lapangan ini membantu masyarakat terutama dalam pemulihan ekonomi di masa pandemi.

Dari 3 (tiga) lokasi Sanimas yang direncanakan untuk tahun anggaran 2021, yaitu di desa Pararejo RT 09/RW 04 Kec Gadingrejo; Desa Tulung Agung RT 03/RW 06 Kec Gadingrejo; dan Desa Yogyakarta Selatan RT 01/RW 06 Kec Gadingrejo yang ketiganya berada di Kabupaten Pringsewu, lokasi di Desa Yogyakarta Selatan merupakan lokasi dengan capaian kegiatan lapangan tertinggi sampai dengan minggu ke-3 bulan Mei 2021. Satu minggu pelaksanaan konstruksi, lokasi tersebut mencapai 3,6% progress realisasi.

Pelaksanaan percepatan program Sanimas di Provinsi Lampung memberikan manfaat tidak hanya bagi penerima manfaat namun juga bagi masyarakat sekitar. Pasalnya, sejumlah 23 tenaga kerja terdiri dari tukang dan pekerja diberdayakan dalam pelaksanaan konstruksi. Realisasi penyerapan digunakan untuk upah pekerja dan pembelian material konstruksi. Hal ini tentu menjadi nilai ekonomi tambahan bagi masyarakat sekitar pelaksanaan program Sanimas.

Setelah pembangunan sarana prasarana air limbah domestik ini selesai, sebanyak 74 Kepala Keluarga setara 253 jiwa menjadi penerima manfaat. Harapannya, program ini dapat menjadi motivasi bagi masyarakat dalam mengelola air limbah domestik dengan mengedepankan wawasan lingkungan dan keberlanjutan. Selain itu, penerapan pola padat karya juga berperan dalam mendorong daya beli masyarakat sehingga meningkatkan perekonomian di masa pandemi. (Adv. Reguler Wil. 1/pub.ibm)

0 Komentar

Tulis Komentar

Kirim Komentar