Informasi resmi terkait seleksi TFL tahun anggaran 2020 hanya dari web portal IBM SANITASI  |   klik tautan berikut untuk memeriksa kelengkapan dokumen/data perihal seleksi TFL 2020  |   Silahkan download materi bimbingan teknis Sanitasi Perdesaan Padat Karya TA 2019 disini | Pengiriman Berita/Artikel/Kisah Sukses ke email publikasi.plpbm@gmail.com

Kondisi Darurat, TFL Belajar Secara Daring

JAKARTA, plpbm.pu.go.id – Dalam kondisi pandemi, pelaksanaan kegiatan IBM mengalami penyesuaian agar tetap berjalan efektif. Salah satu implementasi kegatan IBM di kondisi darurat yakni penyelenggaraan kegiatan Peningkatan Kapasitas Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) tahap 1 secara daring atau biasa disebut e-learning. Kegiatan e-learning dilaksanakan pada 7-22 April 2020, secara bertahap untuk program Sanitasi Perdesaan Padat Karya, Sanimas Reguler, dan TPS 3R.

Kegiatan belajar secara daring ini terdiri dari beberapa bentuk kegiatan. Pada tahap awal, peserta akan mengakses materi pada laman plpbm.pu.go.id/elearningibm. Materi digunakan sebagai bekal bahan pembelajaran peserta selama masa belajar daring. Selain itu, peserta juga dapat mengakses materi berupa video dan animasi sehingga menambah wawasan secara visual.

Tahap pembelajaran dilanjutkan dengan tanya-jawab, yang juga dapat diakses pada laman e-learning. Untuk memperdalam pemahaman peserta akan materi yang disampaikan, Satker IBM memfasilitasi peserta dengan mengadakan sesi tanya-jawab lanjutan melalui media sosial Instagram. Dengan memanfaatkan fitur live Instagram, peserta mengikuti tanya-jawab secara antusias. Melalui metode ini, peserta dapat berinteraksi dengan narasumber dan meningkatkan ketersampaian materi pembelajaran.

Untuk memastikan materi telah tersampaikan secara optimal, peserta wajib mengikuti post-test setelah menyelesaikan seluruh rangkaian pembelajaran. Hasil post-test akan menjadi bahan evaluasi penilaian peserta. Selain itu, telah dibuat grup media sosial maupun dilaksanakan video conference dengan konsultan advisory sebagai lanjutan ruang diskusi.

Pelaksanaan kegiatan e-learning pada Peningkatan Kapasitas TFL tahap 1 ini merupakan upaya Satker IBM untuk tetap memfasilitasi TFL serta membekali TFL dengan wawasan dan pengetahuan sebelum terjun ke lapangan. Melalui metode ini, peserta dapat mengikuti kegiatan dengan tetap tinggal di rumah masing-masing, sehingga dapat memutus mata rantai persebaran COVID-19. (pub.ibm)

0 Komentar

Tulis Komentar

Kirim Komentar