Informasi resmi terkait seleksi TFL tahun anggaran 2020 hanya dari web portal IBM SANITASI  |   klik tautan berikut untuk memeriksa kelengkapan dokumen/data perihal seleksi TFL 2020  |   Silahkan download materi bimbingan teknis Sanitasi Perdesaan Padat Karya TA 2019 disini | Pengiriman Berita/Artikel/Kisah Sukses ke email publikasi.plpbm@gmail.com

Komitmen TFL Sandes Padat Karya Kabupaten Dompu

DOMPU, plpbm.pu.go.id – Pelaksanaan program Sanitasi Perdesaan Padat Karya (Sandes) merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat marginal khususnya Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang bersifat produktif berdasarkan pemanfaatan sumber daya alam, tenaga kerja, dan teknologi lokal dalam rangka mengurangi kemiskinan,meningkatkan pendapatan dan menurunkan angka stunting. Berdasarkan hal tersebut, lokasi desa sasaran penerima program adalah desa stunting sesuai kriteria yang ditentukan Pemerintah Pusat.

Kabupaten Dompu adalah salah satu kabupaten penerima program Sandes dimana terdapat 10 desa penerima. Selayaknya progress pelaksanaan program Sandes di wilayah lainnya, di Kabupaten Dompu, saat ini juga masih dilaksanakan pada tahap perencanaan.

Dalam keadaan pandemi, Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) Kabupaten Dompu tetap bersemangat menjalankan amanah yang diembannya. TFL melakukan sosialisasi program Sandes dari kelompok satu ke kelompok lainnya. Hal ini dilakukan karena adanya pembatasan dan himbauan untuk tidak mengumpulkan masyarakat dalam jumlah banyak. Meski demikian, TFL dengan sabar dan tekun menjalani kewajibannya.

Dibantu oleh aparat desa, pelaksanaan sosialisasi berlangsung tanpa kendala. TFL juga berkoordinasi dengan satgas COVID-19 dalam pelaksanaan sosialisasi. Beruntung, tim TFL disambut positif oleh masyarakat, diberi kepercayaan penuh sehingga masyarakat mematuhi aturan-aturan yang ditetapkan.

Program berbasis padat karya ini disambut baik oleh masyarakat tentu salah satunya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, baik dari aspek kesehatan maupun ekonomi. Dengan adanya sosialisasi yang dilakukan ke tiap-tiap kelompok, maka pemahaman masyarakat akan pentingnya kebutuhan sanitasi akan meningkat.

Kabupaten Dompu juga masuk ke dalam rencana percepatan program IBM. Diharapkan, pada minggu kedua bulan Juni, kegiatan pencairan dana tahap pertama dapat dilakukan. Saat ini, TFL bersama faskab sedang mempercepat tahap perencanaan di lapangan.

Semangat dan komitmen yang ditampilkan TFL Kabupaten Dompu diharapkan akan berbuah manis. Dengan pelaksanaan program Sandes di Kabupaten Dompu, semoga terjadi perubahan sikap dan perilaku masyarakat yang mendukung sanitasi sehat, sehingga angka stunting dapat menurun. (adv. Sandes reg. 3/pub.ibm)

0 Komentar

Tulis Komentar

Kirim Komentar