Informasi resmi terkait seleksi TFL tahun anggaran 2021 hanya dari web portal IBM SANITASI  |   Pengiriman Berita/Artikel/Kisah Sukses ke email publikasi.plpbm@gmail.com

Ketat Protokol Kesehatan Selama Konstruksi

BLORA, plpbm.pu.go.id – Di tengah kondisi pandemi virus COVID-19 tidak menghalangi upaya pemerintah untuk menyelesaikan program pembangunan fisik,  salah satunya Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (SANIMAS) di desa Punggursugih, Kecamatan Sawen, Kabupaten Blora. Pandemi memang mengubah beberapa proses pembangunan, karena harus memenuhi ketentuan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Sebelum memulai kegiatan konstruksi, setiap pekerja wajib mengukur suhu tubuhnya serta mengenakan Alat  Pelindung  Diri  (APD)  lengkap. Mulai dari masker penutup hidung dan mulut,  sarung tangan,  rompi pengaman, helm proyek, hingga sepatu boot bersol karet. Protokol ini wajib diterapkan sejak on the job training (OJT)  hingga pekerjaan infrastruktur di lapangan.

Keberadaan program Sanimas dengan pola padat karya ini dirasakan betul manfaatnya oleh masyarakat khususnya mereka yang ikut menjadi pekerja dalam kegiatan pembangunan IPAL Komunal, karena sebagian besar pekerja memang berasal dari warga sekitar yang saat ini kesulitan mencari pekerjaan akibat dampak pandemi. Sebagian mereka mengalami penurunan pendapatan, bahkan sebagian lainnya kehilangan pekerjaan.

Nuryasin selaku Ketua KSM Maju Jaya Desa Punggursugih  menyampaikan bahwa masyarakat sangat antusias dalam setiap kegiatan mulai dari proses sosialisasi sampai pada saat proses pekerjaan kontruksi, hal ini terlihat hampir tiap hari konsumsi pekerja selalu disiapkan oleh warga secara sukarela.

Kepala Desa Punggursugih mengapresiasi pelaksanaan program Sanimas di desa ini, yang dapat meningkatkan kesadaran sanitasi serta praktik hidup bersih dan sehat bagi masyarakat, juga peningkatan layanan pengelolaan air limbah. Program Sanimas di desa Punggursugih pada tahun ini direncanakan memiliki jumlah layanan 75 sambungan rumah (SR)  dengan total pemanfaat sebanyak 78 KK. Adapun warga yang terlayani IPAL Komunal ini  berada di RT. 05 RW. 02 dan RT. 03 RW. 01 Desa Punggursugih. (Adv. Reguler Wil. 2/pub.ibm)

0 Komentar

Tulis Komentar

Kirim Komentar