Informasi resmi terkait seleksi TFL tahun anggaran 2020 hanya dari web portal IBM SANITASI  |   klik tautan berikut untuk memeriksa kelengkapan dokumen/data perihal seleksi TFL 2020  |   Silahkan download materi bimbingan teknis Sanitasi Perdesaan Padat Karya TA 2019 disini | Pengiriman Berita/Artikel/Kisah Sukses ke email publikasi.plpbm@gmail.com

Kegiatan Peningkatan Kapasitas TFL Sandes Tahap 2 dengan Metode E-Learning

JAKARTA, plpbm.pu.go.id – Di tengah pandemi COVID-19 yang belum mereda, kegiatan yang mengumpulkan banyak orang masih tidak diperbolehkan. Melalui pertimbangan di mana dinilai terlalu riskan untuk melaksanakan kegiatan secara tatap muka, kegiatan peningkatan kapasitas TFL tahap 2 dilaksanakan secara daring. Pelaksanaan kegiatan ini telah sesuai dengan evaluasi pelaksanaan e-learning tahap 1 di mana masih memadai untuk memberi bekal pengetahuan bagi TFL. Kegiatan PK TFL dimulai untuk Program Sandes, pada 13 Juli 2020, hingga 22 Juli 2020. Kegiatan dibuka oleh Bapak Ir. Prasetyo, M.Eng, Direktur Sanitasi Ditjen Cipta Karya, Kementerian PUPR.

Melalui metode daring, para TFL tidak harus meninggalkan lokasi tugasnya, kecuali jika di lokasi tugasnya tidak ada jaringan internet. Pada pelaksanaan peningkatan kapasitas TFL tahap kedua ini, para peserta diwajibkan untuk dapat mengikuti di tempat-tempat yang memiliki jaringan internet yang kuat, sehingga minim hambatan pelaksanaan.

Kegiatan Peningkatan Kapasitas TFL Sanitasi Perdesaan Padat Karya Tahun 2020 dibagi menjadi 2 tahap. Tahap pertama bertujuan untuk memberi bekal pengetahuan kepada TFL dalam melaksanakan pendampingan pada fase perencanaan dan persiapan konstruksi. Adapun tahap kedua, bertujuan untuk meningkatkan kapasitas TFL dalam fase pelaksanaan konstruksi dan pasca konstruksi.

Kegiatan ini dikuti oleh seluruh TFL Sandes yang berjumlah 810 orang, yang terbagi dalam 3 (tiga) wilayah, yaitu Wilayah Barat, Tengah dan Timur. Untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran, para peserta dibagi ke dalam 18 kelas, di mana-mana masing kelas akan melaksanakan pembelajaran online selama 2 hari. Pembelajaran akan dipandu oleh narasumber yang terdiri dari beberapa personalia yang kompeten dan berpengalaman di bidangnya.

Jenis kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan, bukan hanya menerima pemaparan dari narasumber, tetapi juga dikombinasikan dengan pembelajaran melalui bahan-bahan yang diunduh dari portal e-learning IBM, baik dalam bentuk tulisan maupun video. Dengan beragam metode dan pendekatan tersebut, diharapkan kegiatan ini mampu membentuk TFL yang bukan hanya cakap dalam bidang teknis, tetapi juga terampil dalam melakukan pendampingan dan memiliki karakter positif yang diperlukan bagi seorang fasilitator. (pub.ibm)

0 Komentar

Tulis Komentar

Kirim Komentar