Informasi resmi terkait seleksi TFL tahun anggaran 2020 hanya dari web portal IBM SANITASI  |   klik tautan berikut untuk memeriksa kelengkapan dokumen/data perihal seleksi TFL 2020  |   Silahkan download materi bimbingan teknis Sanitasi Perdesaan Padat Karya TA 2019 disini | Pengiriman Berita/Artikel/Kisah Sukses ke email publikasi.plpbm@gmail.com

Jawa Timur Kebut Perencanaan TPS 3R di Kab. Kediri dan Kab. Malang

KEDIRI, plpbm.pu.go.id – Fasilitator Provinsi (fasprov) TPS 3R Provinsi Jawa Timur secara rutin melakukan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri terkait pelaksanaan program TPS 3R T.A. 2020. Pada kunjungan Senin (04/05/2020), koordinasi yang dilakukan terkait dengan survei penentuan lokasi penerima.

Di Kabupaten Kediri, lokasi yang disurvei berada di Desa Kandangan, Kecamatan Kandangan. Calon lokasi pembangunan TPS 3R ini merupakan lahan yang sudah puluhan tahun menjadi tempat membuang sampah warga desa. Menurut informasi dari masyarakat, lahan 350 m2 itu dahulu adalah lahan pertanian, namun karena terbiasa menjadi lahan pembuangan sampah, akhirnya lahan tersebut menjadi lahan pembuangan tetap.

Hingga saat ini, pengelolaan persampahan di calon lokasi penerima dikelola melalui pemilahan sampah layak jual, kemudian untuk residu dikumpulkan dan diangkut oleh DLH. Sementara residu yang tidak terangkut, sebagian dibakar menggunakan tungku bakar. Urugan lahan di lokasi adalah timbunan sampah yang sudah puluhan tahun mengendap di lahan tersebut.

Meski demikian, saat ini masyarakat Desa Kandangan memiliki kepedulian lebih baik terhadap penanganan persampahan. Hal ini dibuktikan dari terbentuknya kelompok yang bergerak dalam pengangkutan sampah. Masyarakat juga menginisiasi untuk menerapkan iuran berdasarkan Peraturan Kepala Desa Kandangan.

Di masa pandemi seperti saat ini, meski berbagai kegiatan dan aktivitas dibatasi, hal ini tidak membuat kuantitas sampah berkurang. Masyarakat tetap menghasilkan sampah di rumah, sehingga penanganan perlu dilakukan. Hal ini mendorong tim fasprov dan TFL di Jawa Timur untuk melakukan tahap perencanaan TPS 3R. Hal serupa juga dilakukan oleh tim Kabupaten Malang.

Koordinasi rutin juga dilakukan oleh fasprov dan TFL Kabupaten Malang dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Malang. DLH setempat telah melakukan seleksi atas beberapa usulan dari proposal masuk dari beberapa desa. Seleksi dilakukan dengan mempertimbangkan ketersediaan lahan, keadaan sistem di lapangan, serta kemampuan pelayanan yang sudah jalan. Berdasarkan hal tersebut, lokasi terpilih yakni Desa Tumpang, Kecamatan Tumpang; Desa Kendalpayak, Kecamatan Pakisaji; Desa Genengan, Kecamatan Pakisaji; dan Desa Pandesari, Kecamatan Pujon.

Target percepatan di Kabupaten Malang yakni akan melaksanakan pencairan dana termin pertama pada minggu kedua bulan Juni. Adapun  Rencana Kerja Masyarakat (RKM) akan segera diselesaikan. Harapannya, pelaksanaan tahap perencanaan berlangsung sesuai jadwal sehingga dapat diselesaikan tepat waktu.

Tim Jawa Timur optimis dapat melaksanakan rencana percepatan program TPS 3R di Kabupaten Kediri dan Kabupaten Malang. Tim berkomitmen untuk terus melakukan koordinasi dengan dinas dan Pemda setempat, dengan tetap berpegang teguh pada Pedoman Teknis Pelaksanaan TPS 3R. (adv. TPS 3R Wilbar/pub.ibm)

0 Komentar

Tulis Komentar

Kirim Komentar