Informasi resmi terkait seleksi TFL tahun anggaran 2020 hanya dari web portal PLPBM  |   klik tautan berikut untuk memeriksa kelengkapan dokumen/data perihal seleksi TFL 2020  |   Silahkan download materi bimbingan teknis Sanitasi Perdesaan Padat Karya TA 2019 disini | Pengiriman Berita/Artikel/Kisah Sukses ke email publikasi.plpbm@gmail.com

Jaga Asa Kala Jaga Jarak

JAKARTA, plpbm.pu.go.id – Dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui penyediaan sarana prasarana di bidang sanitasi, Kementerian PUPR melalui Satker IBM menyelenggarakan program SANIMAS. Program Sanitasi Berbasis Masyarakat atau lebih dikenal Sanimas Reguler, merupakan bentuk inisiatif untuk penyediaan prasarana dan sarana air limbah tanggap kebutuhan.

Fokus program SANIMAS adalah penanganan air limbah domestik rumah tangga. Melalui pelaksanaan SANIMAS, masyarakat memilih sendiri prasarana dan sarana air limbah domestik yang sesuai, membentuk Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), ikut aktif menyusun rencana aksi dan melakukan pembangunan fisik dan membentuk Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara (KPP) untuk melaksanakan pengelolaan kegiatan operasi dan pemeliharaan.

SANIMAS membangun Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat (SPALD-T) yang dapat menampung dan mengolah air pembuangan semua kegiatan rumah tangga seperti WC, dapur, kamar mandi dan kegiatan lain di rumah. Hasil yang diharapkan adalah air limbah rumah tangga dapat diolah menjadi ramah lingkungan dan tidak lagi menggenang di sekitar rumah. Dalam sistem ini limbah yang menjadi lumpur akan tertinggal di dalam SPALD-T dan dikuras secara berkala.

Pada tahun anggaran 2020, pelaksanaan SANIMAS tersebar di 26 provinsi se-Indonesia. Seperti program IBM lainnya, tahap awal pelaksanaan SANIMAS yakni tahap sosialisasi masyarakat. Dilanjutkan dengan survei lokasi hingga penetapan lokasi. Kegiatan formal juga tetap dilakukan seperti penandatanganan kontrak TFL dan PPK. Protokol kesehatan diterapkan dalam pelaksanaan kegiatan.

Meski diberlakukan pembatasan, pelaksanaan program SANIMAS tetap berjalan sesuai Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL) nasional. Secara umum, pelaksanaan program SANIMAS saat ini dalam tahap perencanaan. Pelaksanaan sosialisasi dihadiri masyarakat dalam jumlah terbatas. Selain itu diberlakukan physical distancing pada survei lapangan. Pada kegiatan rapat koordinasi, peserta rapat wajib menjaga kesehatan diri. Hal ini patut menjadi contoh dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di lingkungan kerja IBM. (adv sanreg wilbar/pub.ibm)

0 Komentar

Tulis Komentar

Kirim Komentar