Informasi resmi terkait seleksi TFL tahun anggaran 2021 hanya dari web portal IBM SANITASI  |   Pengiriman Berita/Artikel/Kisah Sukses ke email publikasi.plpbm@gmail.com

Inovasi Pelaporan Berbasis Daring

KOLAKA TIMUR, plpbm.pu.go.id – Purwanto, Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) Pemberdayaan di Desa Lalingato, Kecamatan Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur memanfaatkan aplikasi Google Form sebagai sarana pelaporan perkembangan kegiatan KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) khususnya realisasi pekerjaan fisik dan kegiatan lain yang sedang dilaksanakan. Pengisian laporan melalui Google Form ini diwajibkan untuk diisi setiap hari oleh KSM. Laporan ini digunakan sebagai tools dalam memantau perkembangan pekerjaan KSM, sehingga dapat memastikan perkembangan terkini setiap minggunya berjalan sesuai target.

Selain itu, laporan ini juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi perkembangan secara umum untuk laporan mingguan dan laporan bulanan yang dilaporkan TFL ke Fasilitator Provinsi (Fasprov). Beberapa isian laporan yang disampaikan adalah kondisi lapangan (cuaca dan jumlah pekerja), jenis, rencana, status dan realisasi kegiatan (jenis kegiatan, hari pekerjaan, durasi kegiatan dan status progres), serta permasalahan dan solusi. Isian laporan ini kemudian dikirimkan melalui laman Google Form.

Inovasi pelaporan secara daring juga membuat masyarakat terutama KSM lebih ‘melek’ akan teknologi. Masyarakat menjadi terbiasa menginput dan mengolah data secara daring sehingga meningkatkan kemampuan masyarakat dalam teknologi berbasis komputer. Penggunaan teknologi daring melalui Google Form dirasakan manfaatnya baik untuk TFL dan pengurus KSM.

Mekanisme pelaporan melalui Google Form seperti ini membantu dalam mengetahui perkembangan KSM secara berkala. Mekanisme pelaporan ini juga dapat segera disampaikan ke Fasprov dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dalam waktu yang singkat. Dengan mekanisme pelaporan yang memanfaatkan teknologi daring seperti ini diharapkan dapat lebih efektif dan data tersimpan secara aman.

TFL Pemberdayaan Desa Lalingato menggunakan teknologi daring ini sejak bulan April 2021 di mana pada tahap perencanaan yaitu pembuatan Undangan, Berita Acara dan Notulen menggunakan Google Form. Hal ini dilakukan agar semua dokumen administasi di tahap perencanaan yang disampaikan oleh pengurus KSM ke masyarakat menggunakan format sesuai Petunjuk Teknis (Juknis) Sanimas. Selain itu, penggunaan teknologi daring ini dapat mengontrol dan mendokumentasikan kegiatan rembuk warga bersama pengurus KSM saat penyusunan RKM.

“Pelaporan kegiatan lapangan harian seperti ini, sebaiknya digunakan juga oleh daerah lain seperti yang dilakukan oleh pengurus KSM di Kabupaten Kolaka Timur, agar kegiatan perencanaan, dan pelaksanaan berjalan sesuai tahapan dan terukur. Sehingga ukuran keberhasilan suatu kegiatan pembangunan adalah perencanaan dan pelaksanaan serta di akhir program ada evaluasi agar kegiatan selanjutnya lebih baik”, ujar Purwanto. (Adv. Reguler Wil. 3/pub.ibm)

0 Komentar

Tulis Komentar

Kirim Komentar