Informasi resmi terkait seleksi TFL tahun anggaran 2020 hanya dari web portal IBM SANITASI  |   klik tautan berikut untuk memeriksa kelengkapan dokumen/data perihal seleksi TFL 2020  |   Silahkan download materi bimbingan teknis Sanitasi Perdesaan Padat Karya TA 2019 disini | Pengiriman Berita/Artikel/Kisah Sukses ke email publikasi.plpbm@gmail.com

Inisiasi Program Sanimas Reguler: Menuju Sehat Lahir Batin

JAKARTA, plpbm.pu.go.id – Kebersihan adalah sebagian dari iman. Hidup bersih adalah cerminan pribadi yang sehat lahir batin. Kebersihan diri dan lingkungan dapat menghadirkan kesehatan bagi diri sendiri dan rasa nyaman bagi lingkungan. Begitu juga sebaliknya, lingkungan yang kotor akan menyebabkan penyakit dan mengusik kehidupan.

Sebelum beribadah menghadap Illahi, kesucian diri merupakan kewajiban. Air yang suci dan mensucikan menjadi salah satu kebutuhan dalam bersuci sebelum menghadap Illahi meskipun bisa digantikan dengan hal lain dalam keadaan darurat. 

Selain kebutuhan air bersih, aliran air juga harus diperhatikan. Air bersih disalurkan dan ditampung di tempat yang baik dan terjangkau untuk bisa dimanfaatkan dengan mudah. Sementara sampah dan air yang kotor juga harus disalurkan ke tempat semestinya, sehingga tidak menimbulkan masalah baru.

Kebersihan lingkungan juga memberikan ketenangan batin bagi masyarakat. Dengan lingkungan yang bersih, telah mengurangi resiko banjir dan bau yang mengganggu. Diharapkan dengan kesehatan lahir batin, masyarakat menjadi lebih aktif, produktif, dan berprestasi.

Di sinilah Program Sanimas Reguler hadir. Pesantren menjadi salah satu kelompok pelaksanaan program ini. Tercatat setidaknya tiga lokasi pesantren direncanakan untuk pelaksanaan program ini, yaitu: Pesantren Al Fattah Kabupaten Lampung Selatan, Pesantren Miftahul Huda Kabupaten Cianjur, dan Pesantren Muhajirin Kabupaten Gunung Kidul.

Di banyak tempat, pesantren menjadi pusat kegiatan masyarkat, dan pesantren adalah lingkungan dengan banyak jiwa yang hidup di sana. Selain itu, pesantren menjalankan fungsi sosial bagi masyarakat dengan mengajarkan ilmu agama, menyediakan tempat ibadah, hingga memiliki unit bisnis yang memberdayakan masyarakat.

Diharapkan dengan pelaksanaan program ini, nantinya pesantren juga memberikan fasilitas sanitasi bagi masyarakat. Sehingga masyarakat sekitar pesantren menjadi lebih sehat dan produktif. Ke depannya pesantren akan berperan serta dalam menciptakan masyarakat yang sehat lahir batin. (Adv. Sanreg Wilbar/pub.ibm)

0 Komentar

Tulis Komentar

Kirim Komentar