Informasi resmi terkait seleksi TFL tahun anggaran 2020 hanya dari web portal IBM SANITASI  |   klik tautan berikut untuk memeriksa kelengkapan dokumen/data perihal seleksi TFL 2020  |   Silahkan download materi bimbingan teknis Sanitasi Perdesaan Padat Karya TA 2019 disini | Pengiriman Berita/Artikel/Kisah Sukses ke email publikasi.plpbm@gmail.com

Dirjen Cipta Karya, Dr. Ir. Danis Hidayat, M.Eng.Sc Meninjau Pelaksanaan Sandes di Kabupaten Cilacap

CILACAP, plpbm.pu.go.id – Direktur Jenderal Cipta Karya, Dr. Ir. Danis Hidayat Sumadilaga, M.Eng.Sc bersama dengan Direktur Sanitasi, Ir. Prasetyo, M.Eng melakukan kunjungan kerja untuk meninjau pelaksanaan program Sanitasi Perdesaan Padat Karya (Sandes) di Desa Tritih Lor, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap pada hari Selasa, 21 Juli 2020 lalu. Peninjauan pelaksanaan Sandes di Desa Tritih ini menjadi agenda pertama dari seluruh rangkaian kunjungan kerja yang dilakukan.

Rombongan juga turut didampingi Bupati Banyumas, Achmad Husein; Kepala Satker Wilayah II BPPW Jateng, Endra Bekti Nusantara; dan PPK PLP Wilayah II, Adithya Bayu Permana. Dalam agenda kunjungan kerja, rombongan mengunjungi infrastruktur sanitasi di Desa Tritih Lor, yang dikerjakan oleh KSM Gumregah.

Desa Tritih Lor mengelola bantuan sebesar Rp 350.000.000 untuk 35 titik lokasi penerima manfaat dan upah (35%) sebesar RP 122.500.000. Fisik (60%) RP 210.000.000 dengan progres pelaksanaan fisik sudah mencapai 61% dari rencana pembangunan 35 unit bilik toilet, septic tank beserta daerah resapannya. Waktu pelaksanaannya adalah 90 hari kerja dan waktu yang sudah berjalan sampai saat ini yaitu sudah 40 hari kerja. Jumlah tenaga kerja 15 orang dengan jumlah tenaga kerja 588 (HOK).

Selain meninjau pembangunan infrastruktur, Dirjen Cipta Karya juga memastikan penerima manfaat dari program ini tepat sasaran. Mengingat kriteria penerima manfaat dari program Sandes ini berdasarkan MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) dan ibu hamil, MBR dan batita atau MBR dan stunting. Dr. Ir. Danis Hidayat menyempatkan waktu untuk berdialog dengan seorang penerima manfaat. Salah satunya adalah Mbah Saminem yang berusia 74 tahun. Jumlah anggota keluarganya sebanyak 6 jiwa dimana ada seorang disabilitas, lansia dan batita.

Di akhir kunjungan, Dr. Ir. Danis Hidayat melakukan pemasangan simbolis prasasti di lokasi yang telah terbangun. Selanjutnya, rombongan pun melanjutkan rangkaian kunjungan kerja ke Rumah Maggot di Desa Rempoah, Kecamatan Baturraden; TPST Kedungrandu di Desa Kedungrandu, Kecamatan Patikraja; IPA Gunung Tugel di Desa Pringgede, Karangklesem, Kecamatan Purwokerto; dan Hanggar TPST Tiparkidul, Desa Tiparkidul, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas. (Adv. Sandes Reg. 2/pub.ibm)

0 Komentar

Tulis Komentar

Kirim Komentar