Informasi resmi terkait seleksi TFL tahun anggaran 2021 hanya dari web portal IBM SANITASI  |   Pengiriman Berita/Artikel/Kisah Sukses ke email publikasi.plpbm@gmail.com

Bantuan Alat Angkut Roda Tiga sebagai Dukungan Kementerian PUPR dalam Program Sinergitas K/L TA. 2020

SURABAYA, plpbm.pu.go.id – Kementerian PUPR melalui Direktorat Sanitasi memberikan dukungan dan kontribusi terhadap pengelolaan sampah dan sanitasi, khususnya untuk daerah-daerah yang telah dijadikan sasaran oleh sinergisitas Kementeran dan Lembaga TA. 2020. Senin (28/12/2020) telah dilaksanakan serah terima bantuan alat angkut motor roda tiga di Pondok Pesantren Al Haqiqi Al Falahi Joyonegoro.

Pondok pesantren yang terletak di Kelurahan Sidosermo, Kecamatan Wonocolo, Kota Surabaya ini memiliki 105 orang santri. Penanganan sampah di pondok pesantren tersebut diangkut oleh gerobak untuk kemudiab dibuang ke depo atau TPS sekitar. Jenis sampah yang dihasilkan mayoritas adalah sampah basah atau sampah dapur. Dengan adanya bantuan alat angkut roda tiga ini, diharapkan akan memudahkan proses pengangkutan sampah di pondok pesantren.

Pelaksanaan serah terima di Surabaya ini merupakan bentuk simbolis atas pengadaan motor roda tiga pengangkut sampah kepada 22 pondok pesantren di Jawa Timur, NTB, dan Sulawesi Tengah pada tahun anggaran 2020. Pengadaan alat angkut sampah ini diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan tingkat pelayanan persampahan di lingkungan pondok pesantren penerima sehingga menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Selain pengadaan alat angkut sampah, bentuk kontribusi lain yang dilakukan Direktorat Sanitasi yakni pembangunan MCK di Lembaga Pendidikan Keagamaan di Pondok Pesantren Darul Hikmah, Provinsi NTB, yang merupakan salah satu pondok pesantren penanganan prioritas Kementerian Agama TA. 2021. Pekerjaan tersebut akan diimplementasikan pada akhir tahun 2020 dan tahun 2021.

Sinergisitas antar kementerian dan lembaga dilakukan sebagai bentuk peran Pemerintah untuk masyarakat melalui bantuan ekonomi, sosial maupun dengan membuka ruang dialog budaya dan lintas agama. Rencana aksi Sinergisitas K/L dilakukan dengan tujuan untuk merangkul dan menyentuh seluruh masyarakat agar dapat merasakan nuansa berbangsa dan bernegara secara harmonis. Hal ini merupakan bentuk upaya memberikan manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat. (pub.ibm)

0 Komentar

Tulis Komentar

Kirim Komentar