Informasi resmi terkait seleksi TFL tahun anggaran 2021 hanya dari web portal IBM SANITASI  |   Pengiriman Berita/Artikel/Kisah Sukses ke email publikasi.plpbm@gmail.com

Antusiasme Perempuan Jorong Jalan Balantai Solok terhadap Program Sandes

SORONG, plpbm.pu.go.id – Di tahun 2021, sebanyak 10 desa di Kabupaten Solok, Sumatera Barat menjadi penerima program Sanitasi Perdesaan Padat Karya (Sandes). Pelaksanaan seluruh tahap terutama tahap perencanaan pada program ini membutuhkan partisipasi aktif masyarakat. Selain itu, keterlibatan perempuan juga menjadi aspek yang penting karena mendukung kesetaraan gender.

Dari sepuluh Nagari (red: Desa) penerima Sandes di Kabupaten Solok, salah satunya adalah Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin, tepatnya di Jorong (red: Dusun) Jalan Balantai. Pada 5 April 2021 lalu, Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) selaku pengelola mengadakan kampanye Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Kegiatan diikuti 52 orang peserta dimana 46 orang diantaranya merupakan perempuan. Dominasi kehadiran perempuan ini karena mereka menyadari bahwa perempuan memegang peranan penting dalam sanitasi rumah tangga. Melalui Kampanye PHBS ini diharapkan pengelola program Sandes di tingkat desa (KSM) semakin paham dan termotivasi dalam pelibatan masyarakat secara terbuka dan setara termasuk dalam memberikan kesempatan kepada kaum perempuan.

Partisipasi aktif kaum hawa dalam kegiatan ini terbukti pada saat sesi tanya jawab dan diskusi, peserta berlomba untuk bertanya dan menjawab pertanyaan yang diberikan pemandu. Keingintahuan terutama terhadap sarana dan prasarana yang akan dibangun membuat mereka antusias.

Selain itu, partisipasi aktif perempuan juga didorong oleh keaktifan Wali Jorong (red: pemimpin Jorong) yang mana seorang perempuan. Ia aktif di berbagai bidang kegiatan, dan selalu menyesuaikan waktu kesibukan masyarakatnya terutama kaum perempuan dalam mengagendakan kegiatan. Keteledanan Ibu Wali Jorong juga menjadi pemicu semangat masyarakat sehingga masyarakat tergerak untuk berpartisipasi dalam program Sandes Padat Karya ini.

Secara umum, di Jorong Jalan Balantai, Nagari Surian, 20% masyarakat masih Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dan masyarakat masih banyak yang membuang air limbah rumah tangga di sembarangan tempat seperti ke belakang rumah, saluran drainase dan sekitar anak sungai. Sehingga dengan kebiasaan ini membuat air tanah menjadi terkontaminasi dan menjadi sumber penyakit bagi masyarakat. Melalui program Sandes TA. 2021 ini, diharapkan angka BABS di Jorong Jalan Balantai berkurang, dan membawa perubahan yang lebih baik dalam kebiasaan masyarakat. (pub.ibm/Adv. Sandes Wil. 1)

0 Komentar

Tulis Komentar

Kirim Komentar