Informasi resmi terkait seleksi TFL tahun anggaran 2020 hanya dari web portal IBM SANITASI  |   klik tautan berikut untuk memeriksa kelengkapan dokumen/data perihal seleksi TFL 2020  |   Silahkan download materi bimbingan teknis Sanitasi Perdesaan Padat Karya TA 2019 disini | Pengiriman Berita/Artikel/Kisah Sukses ke email publikasi.plpbm@gmail.com

Antusiasme Masyarakat Bali dalam Pelaksanaan TPS 3R

BALI, plpbm.pu.go.id – Sejumlah penduduk asli Bali atau yang akrab disebut dengan Krama Bali memberikan respon baik akan adanya program Tempat Pengolahan Sampah – Reduce Reuse Recycle (TPS 3R) di Bali. Keseriusan Pemerintah Kabupaten/Kota dan masyarakat Bali dalam mengelola sampah memperlancar pelaksanaan program TPS 3R di Bali. Penanganan sampah yang sudah baik tentu mendukung pelaksanaan TPS 3R.

Di Kabupaten Gianyar, masyarakat memiliki antusiasme yang tinggi terhadap program ini, terlihat dari semangat masyarakat ketika melakukan survei timbulan dan komposisi sampah di Desa Bedulu. Masyarakat secara aktif berpartisipasi mengumpulkan sampah rumah tangga serta turut membantu survei timbulan sampah yang dilaksanakan oleh TFL dan KSM setempat. 

Di Kabupaten Klungkung, tepatnya di Desa Tusan, para tetua tetua adat juga merespon baik rencana pelaksanaan program TPS 3R. Sosialisasi yang dilakukan oleh TFL dan Fasprov kepada para tetua adat Desa Tusan yang dilaksanakan di Wantilan Pura Agung Kentel Gumi Desa Tusan berjalan dengan baik dan mendapat respon positif oleh tetua adat setempat.

Pelaksanaan program TPS 3R sangat berarti bagi Dinas Lingkungan Hidup dan lokasi penerima manfaat. Terlebih bantuan yang diberikan tidak hanya berupa fisik, namun juga pendampingan berbasis kelompok masyarakat. Hal ini diharapkan mampu meningkatkan keberfungsian dan keberlanjutan TPS 3R di masa mendatang.

"Yang tidak kalah penting dari manfaat bantuan ini, tentu nilai edukasinya terhadap masyarakat. Model bantuan seperti ini sangat baik karena sekaligus dapat mendidik masyarakat tidak manja karena diberi bantuan,’’ ujar salah satu warga di Desa Tusan.

Ia juga menjelaskan, bahwa saat ini Dinas Lingkungan Hidup setempat sedang membuat kajian tentang desa/kelurahan mana yang dipercaya untuk menerima bantuan TPS3R ini. Pertimbangan yang diperhatikan tentu sesuai dengan syarat yakni komitmen masyarakat yang tinggi, lokasi belum memiliki TPS 3R, serta ketersediaan lahan yang memadai. (Adv. TPS 3R Wilbar/pub.ibm)

0 Komentar

Tulis Komentar

Kirim Komentar