Informasi resmi terkait seleksi TFL tahun anggaran 2020 hanya dari web portal IBM SANITASI  |   klik tautan berikut untuk memeriksa kelengkapan dokumen/data perihal seleksi TFL 2020  |   Silahkan download materi bimbingan teknis Sanitasi Perdesaan Padat Karya TA 2019 disini | Pengiriman Berita/Artikel/Kisah Sukses ke email publikasi.plpbm@gmail.com

Andil Perempuan Sleman dalam Pelaksanaan Konstruksi TPS 3R

SLEMAN, plpbm.pu.go.id – Di masa pandemi, banyaknya masyarakat yang kehilangan pekerjaan menjadi masalah baru yang dihadapi. Di lain sisi, kebutuhan hidup justru bertambah, sehingga memaksa untuk mengupayakan penghasilan untuk mencukupi kebutuhan. Beruntung, program Infrastruktur Berbasis Masyarakat yang berbasis padat karya hadir di tengah masyarakat. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu pemanfaat program-program IBM. DIY melaksanakan program TPS 3R di dua kabupaten, yaitu Sleman dan Gunung Kidul.

Provinsi dengan tradisi yang kental dengan budaya Jawa ini melakukan proses pemberdayaan dan konstruksi dengan tingginya antusiasme masyarakatnya. Tak hanya kaum pria, di antara pekerja di Sleman, DIY terdapat tiga orang ibu-ibu yang ikut dalam pekerjaan konstruksi. Juarini, Ismiati dan Fitri adalah tiga pekerja perempuan yang tidak mau mengalah pada nasib. Meski berprofesi sebagai ibu rumah tangga, kini mereka ikut bekerja bersama para suami dan pekerja konstruksi pria lainnya tanpa terlihat lelah dan lemah.

“Awalnya cuma bantu-bantu sederhana, lalu belajar mengaduk pasir dan memasang bata. Belajar yang lain-lain juga habis itu” ujar Fitri yang begitu terampil menggergaji itu.

Para pekerja di lapangan pun terbantu dengan kehadiran ketiga ibu-ibu. Tidak ada perlakuan khusus, mereka bekerja seperti para pekerja pria, bahkan kadang terlihat lebih terampil. Perempuan dalam keseharian sering dipandang sebelah mata, terlebih dalam pekerjaan konstruksi, namun tiga perempuan ini membuktikan bahwa bidang konstruksi pun dapat dikerjakan dengan baik oleh perempuan.

Hal ini sejalah dengan salah satu hal penting dalam pelaksanaan program IBM, yakni keterlibatan perempuan. Perempuan memegang peranan penting dalam sanitasi keluarga. Sebagian besar perempuan berperan dalam menyiapkan makanan, membersihkan rumah dan mengelola sampah di rumah. Selain itu, perempuan juga merupakan seorang pendidik di rumah. Sehingga apabila perempuan terlibat langsung dalam pelaksanaan program sanitasi, diharapkan generasi mendatang pun lebih memiliki kesadaran akan pentingnya sanitasi. (Adv. TPS 3R Wilbar/pub.ibm)

“You educate a man, you educate a man. You educate a woman, you educate a generation” – Brigham Young

0 Komentar

Tulis Komentar

Kirim Komentar