Informasi resmi terkait seleksi TFL tahun anggaran 2021 hanya dari web portal IBM SANITASI  |   Pengiriman Berita/Artikel/Kisah Sukses ke email publikasi.plpbm@gmail.com

1000 TFL Sanitasi Perdesaan Padat Karya Siap Terjun ke Lokasi Dampingan

BANDUNG, plpbm.pu.go.id – Proses seleksi Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) secara nasional maupun oleh masing-masing Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi telah berakhir dilakukan. Sebelum diterjunkan ke lapangan, para TFL dipersiapkan melalui kegiatan Peningkatan Kapasitas TFL. Pada gelombang pertama, TFL Sanitasi Perdesaan Padat Karya mengikuti Peningkatan Kapasitas TFL Sandes TA. 2021 di Bandung dan Manado pada 3 – 7 Maret 2021.

Hari Kamis (04/03/2021) kegiatan telah dibuka secara resmi oleh Direktur Sanitasi, Ir. Prasetyo, M.Eng. Peserta sejumlah 1000 TFL turut bergabung baik dari lokasi Peningkatan Kapasitas di Bandung, Manado, maupun secara daring dari rumah masing-masing.

Kegiatan pembelajaran dan penyampaian materi dilakukan dalam beberapa kelas, agar berjalan fokus dan memberikan hasil optimal. Selama proses belajar juga dibuat sesi diskusi, sharing pengalaman dari TFL lama dan simulasi penyusunan laporan keuangan. Narasumber atau pemandu kelas merupakan personel yang kompeten dalam bidangnya sehingga mampu memberikan pengetahuan bagi para peserta.

Kegiatan Peningkatan Kapasitas TFL Sanitasi Perdesaan Padat Karya ini dilaksanakan selama  5 hari di masing masing kota. Untuk gelombang pertama di Bandung dan Manado pada tanggal 3-7 Maret 2021, untuk gelombang kedua  di Medan, Banjarmasin dan Surabaya pada tanggal 11-15 Maret 2021 dan untuk gelombang ketiga di Medan dan Jayapura pada tanggal 16-20 Maret 2021.

Meski kegiatan dilangsungkan secara tatap muka, protokol kesehatan tetap diutamakan. Sebelum memasuki ruangan acara, peserta diwajibkan melakukan swab antigen yang telah disiapkan panitia. Selain itu, peserta juga dihimbau selalu menggunakan masker, face shield, serta menjaga jarak dan rajin mencuci tangan.

TFL diharapkan dapat memahami konsep program dan teknis pelaksanaan program sebelum dimobilisasi ke lapangan. Pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan untuk penyamaan persepsi dan transfer knowledge bagi TFL sehingga pada saat TFL dimobilisasi ke lapangan untuk mendampingi masyarakat, para TFL telah memiliki bekal dan mempunyai persepsi yang sama terhadap program. (and/pub.ibm)

0 Komentar

Tulis Komentar

Kirim Komentar