Informasi resmi terkait seleksi TFL tahun anggaran 2020 hanya dari web portal PLPBM  |   klik tautan berikut untuk memeriksa kelengkapan dokumen/data perihal seleksi TFL 2020  |   Silahkan download materi bimbingan teknis Sanitasi Perdesaan Padat Karya TA 2019 disini | Pengiriman Berita/Artikel/Kisah Sukses ke email publikasi.plpbm@gmail.com

TENTANG PLPBM

SRUKTUR ORGANISASI


Satuan Kerja PLPBM


Satuan Kerja Penyehatan Lingkungan Permukiman Berbasis Masyarakat (Satker PLPBM), merupakan bagian dari Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman, Dirjen Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan.
Menyelenggarakan program-program infrastruktur sanitasi berbasis masyarakat seperti program TPS3R, SANIMAS, Sanitasi Perdesaan Padat Karya, dan DAK Sanitasi.

Portal PLPBM

Aplikasi SIM PLPBM

Aplikasi SIM PLPBM Merupakan alat bantu dalam melakukan monitoring dan evaluasi untuk program TPS3R, Sanimas Reguler, Sanitasi Perdesaan Padat Karya, dan DAK Sanitasi. Aplikasi ini telah berjalan sejak tahun 2017. Aplikasi SIM PLPBM merupakan bagian dari portal PLPBM.

E-Learning

Fitur E-Learning merupakan wadah pembelajaran bagi penggiat sanitasi berbasis masyarakat di Indonesia. Terdapat fungsi tes online sebagai alat bantu rekrutmen dan fungsi pencatatan track record bagi fasilitator kegiatan sanitasi berbasis masyarakat. Fitur E-Learning merupakan bagian dari portal PLPBM.

Kegiatan Infrastruktur Berbasis Masyarakat


TPS 3R

Penyelenggaraan Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS 3R) merupakan pola pendekatan pengelolaan persampahan pada skala komunal atau kawasan, dengan melibatkan peran aktif pemerintah dan masyarakat, melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat, termasuk untuk masyarakat berpenghasilan rendah dan/atau yang tinggal di permukiman yang padat dan kumuh.

SANIMAS

Penyelenggaraan Program SANIMAS dilatarbelakangi adanya arus urbanisasi perkotaan yang terus mengalami penin gkatan yang menyebabkan proporsi penduduk perkotaan meningkat secara tajam, termasuk migrasi penduduk tidak memiliki keterampilan ke perkotaan.

SANITASI PERDESAAN PADAT KARYA

Program padat karya ini merupakan perintah Presiden Joko Widodo serta Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam agenda kerja pemerintah tahun 2018. Tujuan dari program ini adalah membuka lapangan kerja baru serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan infrastruktur di wilayahnya.

DAK SANITASI

Pembangunan infrastruktur sanitasi berdasarkan pada lokasi prioritas dan rencana pengembangan sistem sanitasi dalam Strategi Sanitasi Kota/Kabupaten (SSK). Hal tersebut dalam rangka mewujudkan akses universal sanitasi di tahun 2019 dan pemenuhan standar pelayanan minimal (SPM) melalui dukungan pemda dalam peningkatan cakupan pelayanan sarana pengelolaan air limbah